Skripsi
GAYA BAHASA PADA IKLAN PRODUK OBAT DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
Kata kunci: gaya bahasa, iklan, implikasi, dan pembelajaran bahasa Indonesia.
Peneliti mencoba menghadirkan objek kajian yang berbeda dalam penelitian ini, yaitu iklan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penggunaan bahasa yang terdapat pada iklan produk obat di televisi? 2) gaya bahasa apa sajakah yang terdapat pada iklan produk obat di televisi? 3) bagaimanakah implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari iklan produk obat di televisi dengan wujud data berupa wacana yang digunakan dalam bentuk lisan oleh para bintang iklan dalam iklan produk obat di televisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dengan teknik rekam dan catat sebagai kelanjutannya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data berupa metode padan, intralingual dan teknik hubung banding menyamakan serta teknik hubung banding membedakan sebagai kelanjutannya.
Berdasarkan hasil penelitian penggunaan gaya bahasa pada iklan produk obat di televisi, terdapat beberapa gaya bahasa yang digunakan seperti: hiperbola, personifikasi, anafora, mesodiplosis, epizeuksis, ironi, repitisi. Gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam wacana iklan produk obat di televisi adalah gaya bahasa repetisi. Gaya bahasa repetisi adalah gaya bahasa penegasan yang mengulang-ulang sebuah kata berturut-turut dalam suatu wacana. Penggunaan gaya bahasa repetisi bermaksud menekankan produk obat yang ditawarkan sehingga konsumen mudah untuk mengingat dan membeli produk tersebut.
01509501315 | WID g | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain