Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA MOVIE MAKER DALAM PEMBELAJARAN DEKLAMASI PUISI PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : pembelajaran deklamasi puisi, media movie maker
Peermasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana keefektifan media Movie Maker dalam pembelajaran deklamasi puisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2013/2014?, (2) Apakah ada perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran deklamasi puisi? Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain: (1) Mendeskripsikan keefektifan media Movie Maker dalam pembelajaran deklamasi puisi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013 / 2014. (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran deklamasi puisi pada siswa kelas XI SMA N 1 Balapulang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013 / 2014.
Pendekatan pendekatan penelitian iniadalah pendekatan kuantitatif. Subjek ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik, dengan rumus uji t-non independen, dan uji t independen. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas penerapan media movie maker dan variabel terikat yaitu ketrampilan mendeklamasikan puisi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis data uji tes secara non independen antara nilai pretes dan postes dikelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t hitung > t tabel (10>1,70 dan 5,58> 1,70). Hal ini menunjukkan keefektifan media movie maker pada siswa pada pretes dan postes. Dalam perhitungan untuk membandingkan kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji t- independen, t hitung > t tabel (1,91> 1,70), maka hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis kerja (Hk) diterima. Jadi metode movie maker dapat meningkatkan kemampuan mendeklamasikan puisi siswa dengan metode ekstemporan. Perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran deklamasi dengan metode movie maker. Siswa lebih tenang dalam mengikuti pembelajaran, suasana belajar kondusif, motivasi belajar siswa tinggi, waktu belajar digunakan secara efektif, dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan cepat.
01509501314 | AND k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain