Skripsi
STUDI KORELASI PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR (BUKU EKONOMI) DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERISTIWA EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Sumber Belajar, Kemampuan Memahami Peristiwa Ekonomi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penggunaan sumber belajar (buku ekonomi) dengan kemampuan memahami peristiwa ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 158. Sampel berjumlah 40 siswa yang dipilih berdasarkan prosedur proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus koefisien korelasi dan uji signifikansi dengan uji t.
Hasil analisis menemukan koefisien korelasi (r) sebesar 0,566. Uji signifikansi dengan cara mengkonsultasikan terhadap rtabel sebesar 0,403 menunjukan rhitung (0,556) > rtabel (0,403). Demikian pula uji signifikansi dengan uji t yang menunjukan thitung (4,237) > ttabel (2,428). Dengan demikian dapat diterima kebenaran hipotesis bahwa terdapat korelasi antara penggunaan sumber belajar ( buku ekonomi) dengan kemampuan memahami peristiwa ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Temuan penelitian ini yang positif dan signifikan antara penggunaan sumber belajar (buku ekonomi) dengan kemampuan memahami peristiwa ekonomi, menyarankan agar siswa memiliki sumber belajar (buku ekonomi) yang banyak, sehingga siswa mampu memahami peristiwa ekonomi yang lebih luas.
01309500676 | SUG s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain