Skripsi
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 brebes yang berjumlah 110 siswa, sedangkan sampelnya adalah 30 siswa karena di ambil 25% dari jumlah total populasi. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, dokumentasi dan angket (kuisioner). Uji validitas item menggunakan korelasi product moment, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi linier.
Berdasarkan analisis persamaan regresi linier menghasilkan Y = 64,416 + 0,259 x. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,416. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,416 atau 41,6% antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini diperkuat juga oleh hasil perhitungan uji t dengan t hitung > t tabel atau 2,421 > 2,048. Maka hipotesis hasil penelitian sampel berlaku pula untuk seluruh populasi.
Guru diharapkan lebih profesional agar dapat mengembangkan bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa supaya memberikan prestasi belajar yang lebih baik.
01309500699 | AND p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain