Skripsi
EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TUNTAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMIKELAS XI DI SMK PGRI 2 TAMAN
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Tuntas, Prestasi Belajar IPS Ekonomi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Efektifits Strategi Pembelajaran Tuntas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI SMK PGRI 2 Taman”. Berdasarkan pokok permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas strategi pembelajaran tuntas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI SMK PGRI 2 Taman.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :Hipotesis Alternatif (Ha) : “Strategi pembelajaran tuntas efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI SMK PGRI 2 Taman”. Hipotesis Nol (Ho) : “Strategi pembelajaran tuntas tidak efektif meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI SMK PGRI 2 Taman”.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa administrasi perkantoran kelas XI SMK PGRI 2 Taman, yang berjumlah 94 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan purposive cluster random. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan Komparatif uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran tuntas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas XI di SMK PGRI 2 Taman dengan nilai uji t independen thitung = 4,32 > dari nilai ttabel = 1,66 dan uji t non independen kelas eksperimen thitung= 18,75 >dari nilai ttabel1,68 uji t non independen kelas kontrol thitung = 17,61 > dari nilai ttabel = 1,68. jadi strategi belajar tuntas lebih efektif dibandingkan strategi yang lain.
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis sarankan agar guru mampu memilih metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
01309500672 | SET e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain