Skripsi
EFEKTIFITAS METODE REMIDIAL TEACHING TERHADAP PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester II SMA PGRI Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : metode remedial theaching, peningkatan, prestasi belajar ekonomi.
Remedial teaching merupakan usaha guru untuk menciptakan suatu yang memungkinkan individu atau kelompok siswa tertentu mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin, sehingga dapat memenuhi kriteria keberhasilan minimal yang diharapkan melalui suatu proses interaksi yang terencana, terorganisasi, terarah, terkoordinir dan terkontrol dengan lebih objektif individu dan kelompok siswa yang bersangkutan serta daya dukung sarana dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengajaran remedial pada mata pelajaran ekonomi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Semester II SMA PGRI Brebes tahun 2012/2013
Populasi dalam penelitian sebanyak 76 siswa dari 3 (tiga) kelas yaitu yang terdiri dari X.1, X.2, dan X.3 SMA PGRI Brebes tahun 2012/2013. Sampel diambil 50 siswa yaitu 25 siswa kelas X.2 sebagai kelompok kontrol dan 25 siswa dan siswa kelas X.3 sebagai kelompok eksperimen. Variabel yang digunakan ada dua yaitu variabel bebas (metode remedial teaching) dan variabel terikat (prestasi belajar mata pelajaran ekonomi). Analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat komparatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan true experimental design sebagai desain penelitiannya. Dari data yang diperoleh diketahui deskripsi data antara kelompok ekperimen dengan nilai rata-rata (mean) 1 = 79,80, median = 85 dan modus = 90 sedangkan deskripsi data kelompok kontrol dengan nilai rata-rata (mean) 2 = 70,20 median = 70 dan modus = 85. Kemudian data tersebut dianalisis dengan Uji-t sehingga diperoleh thitung = 2,364, dengan dk = 25 + 25 - 2 = 48, pada taraf signifikan 5%, diperoleh harga ttabel (tt) sebesar 2,011. Maka thitung ttabel atau 2,364 2,011 yang artinya hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat perbedaan prestasi belajar ekonomi, antara kelompok siswa yang di ajar dengan metode remidial teaching dengan kelompok siswa yang diajar dengan metode konvensional. Prestasi belajar siswa ekonomi yang diajar dengan metode remedial teaching lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, dengan demikian metode remedial teaching efektif digunakan dalam peningkatan prestasi belajar ekonomi. Saran yang dapat penulis sampaikan hendaknya guru memberikan metode mengajar yang sesuai dengan karateristik siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode remedial teaching yang diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar.
01309500610 | DEW e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain