Skripsi
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG UPAYA GURU DALAM MENEGAKKAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 03 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Upaya Guru Dalam Menegakkan Disiplin, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.
Persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin berpengaruh untuk prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS peserta didik. Masalah yang muncul bagaimana persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin di sekolah, prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS di sekolah setelah penegakkan disiplin diterapkan, dan pengaruh persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin untuk prestasi belajar dalam mata pelajaran IPS siswa.
Tujuannya adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin terhadapprestasibelajarsiswadalammatapelajaran IPS di kelas VII SMPNegeri 03 Comal Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 03 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 320, sedangkan sampel 10% dari populasi sebanyak 32 siswa. Teknik sampel yang digunakan proportional sampling.
Data penelitian ini diperoleh dari nilai mata pelajaran IPS dan penyebaran angket persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin. Analisis data dari hasil penelitian menggunakan rumus product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini dapat peneliti sajikan sebagai berikut: Y ̂ = 62, 94 + 0, 457x.Dengan koefisien korelasi sebesar 0,547 dan koefisien determinan sebesar 29, 92%. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,547 atau 29,92% antara persepsi siswa tentang upaya guru dalam menegakkan disiplin terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 03 Comal tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan uji t dengan thitung>ttabel atau 3,579 > 2,042. Maka hipotesis hasil penelitian sampel berlaku pula untuk seluruh populasi. Diharapkan pada semua pihak yang terlibat dalam proses belajar siswa untuk mampu mengarahkan dan menumbuhkan kedisiplinan yang ada pada siswa secara maksimal.
01309500705 | WIJ p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain