Skripsi
EVEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KERJA KELOMPOKTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata kunci : Efektifitas Metode Pembelajaran Kerja Kelompok, Peningkatan Hasil Belajar
Penelitian ini membahas tentang Efektifitas Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan eksperimen.
Populasi pada penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS SMA Negri 1 kramat sebanyak 167 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,664, dengan ne =36, nk = 36 dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,688. Kriteria pengujian Ho diterima apabila -2,000 ≤ thitung ≤ 2,000, setelah dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel 1,688 dengan thitung = 3,664 maka (Ho) ditolak yang berbunyi, “Metode pembelajaran kerja kelompok tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013.. Hal ini berarti (Ha) diterima yang menyatakan “Metode pembelajaran kerja kelompok lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Saran yang diberikan adalah hendaknya para guru di Sekolah Menengah Atas dapat menggunakan metode pembelajaran yang efektif untuk menunjang prestasi siswanya dan hendaknya setiap sekolah mempunyai sarana dan prasarana pendukung media pembelajaran bagi siswanya, memberikan dukungan secara positif terhadap siswanya.
01309500682 | AQM e | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain