Skripsi
KONTRIBUSI PERSEPSI PESERTA DIDIK PADA GURU,MODEL PEMBELAJARAN DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pela
Kata kunci : Kontribusi, persepsi, guru, model pembelajaran, intensitas belajar, prestasi
Persepsi peserta didik pada guru dan penggunaan model pembelajaran yang baik merupakan faktor pendorong dalam keberhasilan prestasi belajar peserta didik. Selain kedua faktor tersebut, faktor penentu keberhasilan prestasi belajar adalah intensitas belajar. Intensitas belajar adalah belajar dengan teratur dan sungguh-sungguh. Tujuan penelitian pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah untuk menganalisis besarnya : (1) kontribusi persepsi peserta didik pada guru terhadap prestasi belajar matematika, (2) kontribusi model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (3) kontribusi intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, dan (4) kontribusi persepsi peserta didik pada guru, model pembelajaran dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 645 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 227 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk analisis menggunakan angket dan tes, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji analisis jalur. Sebelumnya data di uji dengan liliefors untuk mengetahui normalitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada kontribusi: (1) persepsi peserta didik pada guru terhadap prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 13,3%, (2) model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 13,2%, (3) intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan kontribusi sebesar 24,6%, dan (4) persepsi peserta didik pada guru, model pembelajaran dan intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dengan kontribusi sebesar 15,62%.
01709501184 | MUR k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain