Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE THINK TALK WRITE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 2 Adiwerna Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Metode Think Talk Write, Kemampuan Awal, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk1) mengetahui manakah yang mendapat prestasi belajar lebih baik antara peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode Think Talk Write dengan peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi yang menggunakan metode ekspositori; 2) untuk mengetahui manakah yang mendapat prestasi belajar lebih baik antara peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah yang menggunakan metode Think Talk Write dengan peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah yang menggunakan metode ekspositori; 3) untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara metode pembelajaran Think Talk Write dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2012/2013 yang 353 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII C sebanyak 39 siswa dan kelas VIII E sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen , kelas VIII D sebanyak 39 siswa dan kelas VIII G sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebanyak 40 siswa sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen tes prestasi belajar yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban sebanyak 20 butir yang mana instrumen tes tersebut telah diuji validitas dan reliabilitas. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah Uji – t satu pihak dengan taraf signifikansi 5% .
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) prestasi belajar peserta yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diajar menggunakan metode ekspositori; 2) prestasi belajar peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki kemampuan awal rendah yang diajar menggunakan metode ekspositori; 3) metode Think Talk Write lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika.
01709501171 | OKT k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain