Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pengaruh, Kemampuan Verbal, Kemampuan Penalaran, Prestasi Belajar Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM).
Kemampuan verbal dan kemampuan penalaran merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Dukuhwaru tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah,diantaranya (1) kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika. (2) kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika. (3) kemampuan verbal dan kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 322. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII G dan kelas VII I sebanyak 71 peserta didik sebagai kelas eksperimen,dan kelas VII H sebanyak 35 peserta didik sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen tes prestasi belajar yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban sebanyak 30 butir, sedangkan instrumen untuk mengetahui kemampuan verbal dan kemampuan penalaran menggunakan soal uraian sebanyak 10 item. Sebelum soal digunakan untuk tes, soal terlebih dahulu diujikan ke kelas uji coba untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Ganda, dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 1 Dukuhwaru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu (1) kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika sebesar 50,5%. (2) kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika sebesar 57,9%. (3) kemampuan verbal dan kemampuan penalaran terhadap prestasi belajar matematika sebesar 64,1%.
01709501259 | WIB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain