Skripsi
STUDI KOMPARATIF PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Suatu Penelitian pada Proses Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Di SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Studi Komparatif, Pemberian Tugas, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adakah perbedaan pengaruh antara pemberian tugas mandiri dengan tugas kelompok terhadap prestasi belajar matematika, 2) adakah perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik motivasi tinggi yang mendapat perlakuan pemberian tugas mandiri dengan peserta didik motivasi tinggi yang mendapat perlakuan pemberian tugas kelompok, 3) apakah terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik motivasi rendah yang mendapat perlakuan pemberian tugas mandiri dengan peserta didik motivasi rendah yang mendapat perlakuan pemberian tugas kelompok.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Brebes tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 325 siswa yang terbagi 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling.Terpilih lima kelas, yaitu kelas VIIIF dengan jumlah 39 peserta didik, kelas VIIIE dan VIIIC dengan jumlah masing-masing 41 peserta didik, sertaVIIIB dan VIIID dengan jumlah masing-masing 40 peserta didik.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi untuk mendapatkan data nilai Ujian Tengah Semester genap, angket yang sudah valid dan reliabel digunakan untukmendapatkan data motivasi belajar, sertainstrumen tes yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mendapatkan data nilai prestasi belajar. Analisis data menggunakan uji – t yang telah memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas dengan uji Lilliefors dan homogenitas dengan uji Bartlett.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ada perbedaan pengaruh antara pemberian tugas mandiri dengan tugas kelompok terhadap prestasi belajar matematika, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik motivasi tinggi yang mendapat perlakuan pemberian tugas mandiri dengan peserta didik motivasi tinggi yang mendapat perlakuan pemberian tugas kelompok,3) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik motivasi rendah yang mendapat perlakuan pemberian tugas mandiri dengan peserta didik motivasi rendah yang mendapat perlakuan pemberian tugas kelompok.
01709501192 | WID s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain