Skripsi
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri Se Kecamatan Tegal Timur Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Cara Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajarmatematika. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan cara belajar matematika terhadap prestasi belajarmatematika. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri se-KecamatanTegal Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 812 siswa yang terdiri atas tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 . Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Mengacu pada tabel penentuan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan Isaacdan Michael diperoleh sampel sebanyak 249 siswa yang terdiri dari SMA Negeri 1 sebanyak 87 siswa, SMA Negeri 3 sebanyak 85 siswa, dan SMA Negeri 4 sebanyak 77 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Data kecerdasan intelektual diperoleh hasil pemeriksaan Lembaga Psikologi Psikoanalisa Yogyakarta Tahun 2013, data cara belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumen hasil UAS Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data ini telah di uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik sebagai uji prasyarat regresi ganda.
Hasil penelitian ini dapat peneliti sajikan sebagai berikut : 1)Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar matematika sebesar 3,08%. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 27,5%. 3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 30,8% .
01709501154 | ERN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain