Skripsi
ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA PADA ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP BERDASARKAN ITEM RESPONSE THEORY (IRT) (Suatu Penelitian pada Peserta DidikKelas VIISMP Negeri2 Petarukan Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Analisis Butir Soal dan Item Response Theory(IRT)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)tingkat kesukaran butir soal pada ulangan tengah semester genap berdasarkan IRT, (2)daya beda butir soal pada ulangan tengah semester genap berdasarkan IRT, (3)faktor tebakan butir soal pada ulangan tengah semester genap berdasarkan IRT.
Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Petarukan tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 362 peserta didik yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Petarukan, dengan jumlah 362 peserta didik.Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes ulangan tengah semester genap yang berupa soal pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan program Ascal versi 3.20 untuk memperoleh hasil estimasi tingkat kesukaran butir, daya beda butir dan faktor tebakan butir berdasarkan IRT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang diujikan memiliki tingkat kesukaran butir, daya beda butir, dan faktor tebakan butiryang baik berdasarkan IRT.
01709501166 | RIN a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain