Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan emosional (EQ), Motivasi, Prestasi
Matematika
Dewasa ini banyak peserta didik yang mengalami masalah dalam belajar, akibatnya prestasi belajar yang dicapai kurang memuaskan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu ditelusuri faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya tingkat kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh positifkecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, (2) menganalisis pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) menganalisis pengaruh positifkecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 di SMP se-Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes dengan jumlah siswa 954peserta didik yang terbagi dalam 27 kelas yang homogen. Sampel penelitian diambil secaracluster random sampling, diperoleh sebanyak 298 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan tes.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Kecerdasan Emosional (EQ) berpengaruh positif sebesar 14,2% terhadap prestasi belajar matematika, (2) Motivasi belajar berpengaruh positif sebesar 18,3% terhadap prestasi belajar matematika,(3) Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi belajar berpengaruh positif sebesar 23,7% terhadap prestasi belajar matematika, (4) Kecerdasan Emosional yang baik dan disertai motivasi belajar yang tinggi dapat mengakibatkan prestasi belajar matematikanya cenderung lebih baik.
01709501167 | FAO p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain