Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci :Bimbingan dan Konseling, Perilaku Belajar
Penelitian ini membahas tentang pengaruh layanan Bimbingan dan Konseling terhadap perilaku belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Muhammadiyah Watukumpul terhadap perilaku belajar Peserta Didik Kelas X tahun ajaran 2012/2013.
Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Watukumpul tahun Pelajaran 2012/2013, dengan populasi sebanyak 200 Peserta Didik kemudian diambil sampel sebanyak 50 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah dengan metode Kuisioner (angket) dan data sekundernya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Variabel bebas (X) yaitu Layanan Bimbingan dan Konseling dan Variabel Terikat (Y) yaitu Perilaku Belajar. Teknik analisis data menggunakan metode analisis uji instrumen angket yang meliputi uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Dengan kata lain, Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode statistik menggunakan Product moment. Agar kesimpulan yang diambil dapat memenuhi persyaratan, maka analisis data meliputi analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara layanan Bimbingan dan Konseling dengan Perilaku belajar Peserta Didik. Semakin baik layanan Bimbingan dan Konseling, maka semakin baik pula perilaku belajar Peserta Didik. Layanan Bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di SMK MuhammadiyahWatukumpul pada peserta didik kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013 kategori tinggi yaitu sebanyak 16 peserta didik (32 %). Perilaku Belajar Peserta Didik masuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 13 peserta didik (26%). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian, menunjukkan bahwa diperoleh rxysebesar 0,287 dans etelah dikonsultasikan padar tabel untuk N = 50 taraf signifikan 5% = 0,279, maka rhitung>rtabel yaitu 0,287 > 0,279. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah dengan perilaku belajar peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Watukumpul Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2012/2013.
Selanjutnya semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah dan masukan bagi Guru Bimbingan dan Konseling, pihak Sekolah dan dan masyarakat secara luas serta dapat dijadikan bahan informasi bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan.
01110500229 | SAB p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain