Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN GEJALA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Kepercayaan diri dan gejala kecemasan komunikasi interpersonal.
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal, dan hubungan kepercayaan diri dengan gejala kecemasan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012 / 2013?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal, dan bagaimana hubungan kepercayaan diri dengan gejala kecemasan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Populasi penelitian adalah 226 Peserta didik, adapun sampelnya sejumlah 23 orang, Teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik cluster quota proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri (variabel bebas) dan gejala kecemasan komunikasi interpersonal (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Kepercayaan diri peserta didik dalam kategori tinggi sedangkan gejala kecemasan komunikasi interpersonal dalam kategori cukup, berdasarkan Hasil perhitungan rhitung (korelasi rxy) sebesar 0.677 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 23 taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel= 0,413 sehingga dengan demikian rhitung> r tabel (0,677 > 0,413). Karena rhitung lebih besar dari nilai r tabel, maka dalam penelitian ini menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Gejala Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 01 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012-2013. diterima.
Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan gejala kecemasan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2012-2013. Besarnya kontribusi atau hubungan antara gejala kecemasan komunikasi interpesonal dengan kepercayaan diri peserta didik adalah (0,677)² x 100% = 45,88% sedangkan 54,12% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti seperti pengalaman, potensi aktual, prestasi peserta didik dan lain-lain. Saran bagi peserta didik, kepercayaan diri masih dalam kategori sedang, maka perlu tingkatkan, dan gejala kecemasan komunikasi interpersonal dalam kategori sedang, juga perlu ditingkatkan agar peserta didik dapat berkomunikasi interpesonal dengan baik.
01109501165 | JUN h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain