Skripsi
PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP N 1 PANGKAH TAHUN AJARAN 2012/2013
Kata Kunci: Kedisiplinan, Prestasi Belajar, Pedidikan Kewarganegaraan
Proses pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari input, proses dan output. Salah satu faktor untuk meningkatkan prestasi belajar dengan meningkatkan kedisiplinan siswa. Permasalahan pada penelitian ini: 1) Sejauh mana tingkat kedisiplinan siswa. 2) Sejauh mana prestasi belajar siswa. 3) Apakah ada pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah.
Teori yang digunkan dalam penelitian ini berkaitan dengan kedisiplinan adalah sikap seseorang yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan atau tata tertib yang sudah ada. Prestasi belajar yaitu hasil dari pengalaman siswa dalam proses belajar yang diberikan guru kepada siswa. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pangkah tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 286 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan pengambilan sampel berdasarkan perwakilan pada tiap kelas, yang berjumlah 74 siswa. Pengambilan data dengan angket, dan data nilai hasil belajar matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dan pengolahan data menggunakan uji korelasi product moment.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kedisiplinan siswa sebagian besar mempunyai kedisiplinan normal (64,9%) 2) Prestasi belajar Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa sebagian besar mempunyai prestasi belajar dalam kategori baik (52,7%) 3) Ada pengaruh kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal tahun ajaran 2012/2013 (r hitung 0,826 > r table 0,228 dan p value 0,000 < α 0,05)
Disarankan bagi pihak sekolah, untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa maupun pendidik sesuai dengan aturan yang telah disepakati sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
01209500841 | PRA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain