Skripsi
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 14 TEGAL KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Prestasi belajar, Tingkat keaktifan organisasi ekstrakurikuler Pramuka, Pendidikan Kewarganegaraan
Penelitian ini membahas hubungan keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Prestasi belajar seharusnya tidak hanya bertumpu pada taraf intelligence quotient (IQ) saja melainkan harus selaras dengan kemampuan emosional yang tinggi atau disebut dengan Emotional quotient (EQ). Beberapa faktor peningkatan prestasi belajar yaitu faktor intern adalah faktor yang ada pada diri siswa dan faktor ekstern adalah faktor yang terdiri dari luar siswa. Prestasi belajar tidak dapat di capai tanpa mengetahui faktor yang ada pada diri siswa sendiri dan faktor dari kegiatan pembelajaran dan pengembangan yang diterima siswa. Tingkat keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka diharapkan menjadi kegiatan pembelajaran dan pengembangan siswa untuk peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 14 Tegal Kelas VIII Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Tegal, berjumlah 254 dengan sampel 40 siswa yang diambil dengan teknik random propotional sampling dengan prosentase 15%. Sampel merupakan siswa yang aktif dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka) dan variabel terikat (prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dan dokumentasi prestasi belajar nilai ulangan tengah semester. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu product moment dan uji t untuk mencarai hubungan (kolerasi) dan signifikan.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis statistic korelasi diperoleh rxy = 0,329 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 40 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,312, maka rhitung > rtabel atau 0,329 > 0,312, berarti hipotesis penelitian (Ha) yang berbunyi“ Ada hubungan yang positif antara prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka” dinyatakan diterima. Dari hasil perhitungan uji t didapat thitung sebesar 2,148 dengan ttabel 2,042 dari uji dua pihak n – 2 (40 – 2) = 38. Karena thitung > ttabel (2,148 > 2,042) dapat dikatakan bahwa prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan mempunyai hubungan yang yang positif dan signifikan dengan tingkat keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan adanya hubungan yang positif prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dengan tingkat keaktifan siswa dalam organisasi ekstrakurikuler pramuka. Diharapkan siswa meningkatkan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan guru agar selalu memotivasi siswa untuk selalu aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
01209500866 | RIS h | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain