Skripsi
PERAN GURU PKN DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA SINGLE PARENT DI SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Kata Kunci : Peran guru PKn, Motivasi peserta didik, orang tua single parent
Faktor orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anak dalam belajar. Orang tua yang komplit (ada ayah dan ibu) akan berbeda dengan orang tua tunggal perhatiannya terhadap anak. Perhatian dan bimbingan dari orang tua akan sedikit banyak berpengaruh pengaruh terhadap motivasi belajar anak baik di sekolah maupun di rumah.
Penelitian ini membahas masalah peran guru PKn di sekolah akan tetapi peneliti hanya akan membahas peran guru PKn dalam memotivasi peserta didik yang berasal dari orang tua single parent di SMAN 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012-2013. Tujuan penelitian ini adalah 1) Ingin mengetahui cara guru dalam motivasi belajar peserta didik dari keluarga single parent, dan Untuk mengetahui hambatan guru PKn dalam memotivasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga single parent.
Sumber data penelitian ini adalah guru PKn dan peserta didik yang berasal dari keluarga single parents, sedangkan datanya berupa data kualitatif. Data penelitian diambil melalui wawancara dan dokumentasi.
Hail dari penelitian ini adalah sebagai berikut Peran guru PKn dalam memotivasi peserta didik dari keluarga single parent melalui usaha-usaha 1) Menjelaskan tujuan belajar, 2) Pemberian bantuan alat-alat belajar, 3) Memberi nasihat, 4) Memberi pujian, 5) Memberikan hadiah, 6) Membantu memecahkan kesulitan dalam belajar, dan 7) Memberi hukuman, Hasil yang dicapai dalam memotivasi peserta didik dari keluarga single parent dapat terlihat dari sikap atau perilaku peserta didik dari keluarga single parent sebagai berikut: 1) Memiliki semangat belajar yang tinggi, 2) Penuh semangat, 3) Memiliki rasa penasaran atau rasa ingin tahu yang tinggi, 4) Mandiri, 5) Memiliki rasa percaya diri, 6) Memiliki daya konsentrasi yang lebih tinggi, 7) Kesulitan dianggap sebagai tantangan yang harus diatasi, dan 8) Memiliki kesabaran dan daya juang yang tinggi.
Simpulan yang dapat diungkapkan dalam penelitian ini adalah bahwa peran guru PKn di di SMAN 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes sebagai motivator kepada peserta didik dari keluarga single parents melalui 1) Menjelaskan tujuan belajar, 2) Pemberian bantuan alat-alat belajar, 3) Memberi nasihat, 4) Memberi pujian, 5) Memberikan hadiah, 6) Membantu memecahkan kesulitan dalam belajar, dan 7) Memberi hukuman
01209500815 | UTA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain