Skripsi
ASPEK MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN NANDA KARYA MUH. REZA DAN MUH. TAUFIQ AFFANDI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP
Kata Kunci : Aspek Moral, Cerpen, Pembelajaran Sastra
Penelitian ini membahas masalah aspek moral dalam kumpulan cerpen “Nanda” Karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMP. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan aspek moral yang terdapat pada kumpulan cerpen Nanda karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi sebagai pembelajaran sastra bagi siswa di SMP, 2) Untuk mendeskripsikan cara pembelajaran aspek moral pada kumpulan cerpen Nanda karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi sebagai pembelajaran sastra bagi siswa di SMP.
Sumber data penelitian ini adalah cerpen Nanda karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi, sedangkan datanya berupa data kualitatif. Wujud data dari penelitian ini adalah penggalan kumpulan cerpen yang mengandung aspek moral dalam kumpulan cerpen Nanda karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi. Teknik analisa data menggunakan analisis dokumen analisis isi adalah penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap catatan-catatan atau dokumen sebagai sumber data.
Hasil penelitian aspek moral yang terkandung dalam kumpulan cerpen Nanda Karya Muh. Reza dan Muh. Taufiq Affandi adalah Mempunyai rasa penyesalan, Memberi maaf atas kesalahan orang lain, Tidak meninggalkan sholat/menjalankan perintah Tuhan, Peduli sesama, Bertegad Keras, Saling Membantu, Sabar/Menerima Keadaan, Suka menolong, Tidak putus asa, Tidak sombong, Baik hati, Patuh kepada orang tua, dan bertanggungjawab.
Implikasi pembelajaran cerita pendek pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP adalah pada kelas VII semester I pada aspek membaca pada Standar Kompetensi Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca dan Kompetensi Dasar Mencerita¬kan kembali cerita anak yang dibaca dan Mengomen¬tari buku ce¬rita yang di¬baca.
Simpulan dari penelitian ini adalah menganalisi sebuah cerpen perlu diperhatikan, Tokoh dalam cerpen, penokohan, setting atau latar dan nilai moral yang terkandung dalam cerpen tersebut. Aspek moral dalam cerpen Mempunyai rasa penyesalan, Memberi maaf atas kesalahan orang lain, Tidak meninggalkan sholat/menjalankan perintah Tuhan, Peduli sesama, Bertegad Keras, Saling Membantu, Sabar/Menerima Keadaan, Suka menolong, Tidak putus asa, Tidak sombong, Baik hati, Patuh kepada orang tua, dan Bertanggungjawab.
01510500196 | TES a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain