Skripsi
RETORIKA NAJWA SHIHAB DALAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA DI METRO TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata kunci : retorika, talk Show, implikasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Retorika yang digunakan dalam acara talk show mata najwa mampu memengaruhi dan menarik perhatian pendengar dengan cara memilih dan memilah kata-kata serta menempatkannya sesuai dengan tema yang sedang dibicarakan. (1) bagaimanakah retorika yang digunakan Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa di Metro TV, (2)apakah jenis pertanyaan yang digunakan Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa di Metro TV, (3) bagaimanakah implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan retorika yang digunakan Najwa Shihab, jenis – jenis pertanyaan, serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa dialog Najwa Shihab dengan bintang tamunya yang mengandung pertanyaan. Sumber data berasal dari dialog Najwa Shihab dengan bintang tamu dalam acara talk show Mata Najwa di Metro TV. Sumber data berjumlah 2 episode. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, teknik simak bebas lihat cakap (SLBC), teknik rekam, dan teknik catat. Data yang berupa hasil analisis tersebut disajikan dengan model penyajian informal yaitu data yang disajikan dalam deskripsi khas verbal dengan rumusan kata kata biasa tanpa lambang – lambang.
Penelitian ini menghasilkan (1) retorika yang digunakan Najwa Shihab Dalam Acara Talk Show Mata Najwa adalah mampu mempengaruhi dan menarik perhatian pendengar dengan cara memilah dan memilah kata-kata serta menempatkannya sesuai dengan tema yang dibicarakan, (2) jenis pertanyaan yang ditemukan sebanya 11 jenis pertanyaan yakni : pertanyaan informatif 4 data, pertanyaan untuk mengaktifkan 3 data, pertanyaan untuk mengontrol 1 data, pertanyaan untuk menjebak data, pertanyaan Socrates data, pertanyaan retoris data, pertanyaan alternatif data, pertanyaan untuk membuka masalah baru 1 data, pertanyaan untuk menutup pembicaran 1 data, pertanyaan provokatif 7 data, pertanyaan ofensif data, dan pertanyaan untuk membuka pembicaraan data, (3) Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam ilmu kebahasaan. Pembelajaran berbicara dapat dilihat berdasarkan konteks penggunaannya.
01509501183 | SUB r | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain