Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEEPER LEARNING TERHADAP PRESTASI DAN SIKAP BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Materi Pokok Bilangan Pecahan pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 201132014)
Kata Kunci : Pengaruh, Metode Deeper Learning, Prestasi dan Sikap Belajar Matematika, Materi Pokok (Bilangan Pecahan).
Berkaitan dengan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII semester ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang maka peneliti menerapkan metode deeper leaning yaitu untuk meningkatkan kinerja memori dalam memahami pelajaran matematika lebih mendalami bukan sebatas memahami. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh prestasi dan sikap belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode deeper learning terhadap prestasi dan sikap peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada peserta didik kelas VII semester ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi pokok bilangan pecahan. 2) Untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara metode deeper learning dengan metode pembelajaran ekspositori pada materi pokok bilangan pecahan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yang terdir atas3 kelas yang jumlahnya 179 peserta didik . Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC sebagai kelas uji coba, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang jumlahnya ada108 peserta didik .Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan multivariate (MANOVA) dan dilanjutkan dengan T²-Hotteling, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Barllet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh prestasi dan sikap belajar matematika peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode deeper learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran ekspositori pada materi pokok bilangan pecahan peserta didik kelas VII semester ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014).Metode deeper learning lebihefektif atau mempengaruhi sisi positif dari pada metode pembelajaran ekspositori pada materi sub pokok bahasan bilangan pecahan pada peserta didik kelas VII semester ganjil MTs Dr. Hamka Gondang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.
01708501346 | ALA p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain