Skripsi
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK PGRI 1 TAMANKABUPATEN PEMALANGTAHUN AJARAN 2013 / 2014
Kata Kunci :Pendidikan, Karakter dan Kewarganegaraan
Dunia pendidikan tidak cukup hanya memberi pengetahuan, namun juga harus membentuk dan membangun karakter yang kuat pada setiap peserta didik untuk mampu mengembangkan potensi diri dan menemukan tujuan hidupnya
Penelitian ini dengan perumusan masalah (1)bagaimana implementasi pendidikan karakter (2)kendala apa saja yang dihadapi (3) solusi apa yang diberikan,yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karekter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diberikan pada peserta didik dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pengajar dalam menyampaikan materi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan
Penelitian ini mengunakan pendekatankualitaif. Lokasi penelitian ini di SMK PGRI 1 Taman. Prosedur penelitian dengan orientasi tahap perencanaan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian dan tahap penulisan laporan. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden yang diwawancaraidalampenelitianini guru dan 24 siswa.Teknik analisa data mengunakan triangulasi, pengecekan anggota dan analisis kasus negatif. Penyajian hasil data mengunakan metode informal.
Berdasarkan asil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) imlementasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan guru selalu menyisipkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran pendidikn kewarganegaraan diantaranya menanamkan nilai kejujuran, kedisiplinan, religius dan nasionalisme, dan (2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan yaitu faktor jam pelajaran yang terbatas, tingkat kecerdasan anak, perhatian keluarga, pergaulan siswa dan tingkat afektif siswa yang berbeda –beda.
Saran yang dapat diberikan adalah (1) siswa diharapkan selalu menerapkan nilai karakter yang positif agar menjadi siswa yang baik dan menjadi siswa mempunyai karaker. (2) Guru diharapkan bisa menggunakan waktu seoptimal mungkin dengan cara memberikan nilai-nilai karakter dan (3) intensitas pembelajaran di sekolah di tingkatkan dalam penerapan nilai-nilai karakter yang sudah terbentuk dan menambahkan nilai karakter yang belum terlaksana.
01209500792 | SET i | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain