Skripsi
PENGARUH IKLAN RADIO TERHADAP PERILAKU PEMILIH DI KECAMATAN WONOPRINGGO PADA PEMILU KEPALA DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2011
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh iklan radio terhadap perilaku pemilih di Kecamatan Wonopringgo pada Pemilu Kepala daerah Kabupaten Pekalongan pada tahun 2011
Tujuan yang hendak di capai dari pelaksanaan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh iklan radio terhadap perilaku pemilih di Kecamatan Wonopringgo dalam pemilihan umum Kepala Daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2011.
Tipe penelitian ini adalah termasuk dalam menggunakan tipe penelitian asosiatif. Tipe asosialtif adalah penelitian yang bertujuan mencari korelasi maupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel yang diteliti untuk dilihat hubungan yang terjadi diantara keduanya tanpa coba untuk merubah atau mengadakan perlakuan terhadap variabel-variabel tersebut.
Analisis data dilakukan secara komparatif, yaitu analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesa dengan korelasi atau hubungan dua varibel antara iklan radio dengan perilaku pemilih di Kecamatan wonopringgo dalam pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Pekalongan Tahun 2011.
Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Iklan radio tentang Pemilukada Kabupaten Pekalongan Tahun 2011 memberikan gambaran yang cukup representatif berkenaan dengan informasi tentang pasangan calon, penyuluhan tentang kapasitas dan kredibelitas pasangan calon, diskusi tentang masing-masing pasangan calon dan nformasi pelaksanaan. Perilaku pemilih di Kecamatan Wonopringgo dalam Pemilukada Kabupaten Pekalongan Tahun 2011 menunjukkan perkembangan yang baik ditujukkan dengan idikasi berupa kepatuhan pemilih, kedisiplinan pemilih, ketertiban pemilih dan tanggungjawab pemilih, dibuktikan dari hasil angket menunjukkan bahwa mereka setuju tentang prilaku yang positif dalam kegiatan pemilukada di Kabupaten Pekalongan tahun 2011 tersebut
Terdapat pengaruh antara iklan radio terhadap perilaku pemilih di Kecamatan Wonopringgi dalam Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2011 yang menunjukkan nilai cukup siginifikan, di mana nilai koofesien korelasi adalah 0,417. Pada taraf signifikan 1 % telah diketahui ro = 0,417 sedangkan rt = 0,317 sehingga ro < rt atau (0,417> 0,317). Selanjutnya pada taraf 5 % diketahui rt = 0,244 sedangkan ro = 0,417 sehingga ro > rt atau (0,417> 0,244)
Saran untuk penelitian ini adalah agar diharapkan mampu mengupayakan penyelenggaraan pemilihan Kepala Kabupatena sesuai dengan aturan-aturan yang diatur KPU dalam rangka mewujudkan perilau politik yang patisipan dari warga masyarakat, khusunya di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan dengan salah satu upayanya adalah melalui iklan radio
Kata Kunci : Iklan Radio, Perilaku Pemilih dan Pemilihan Kepala Daerah
02109501457 | RAS p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain