Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA LAGU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN2013/2014
Kata kunci : keefektifan, media lagu, pembelajaran menulis teks drama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran membuat teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014, mendeskripsikan teknik peembelajaran teks drama dengan menggunakan media lagu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014, dan mendeskripsikan keefektifan media lagu dalam pembelajaran teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 244 siswa. Dari 244 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 81 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 41 siswa dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 siswa.
Hasil analisis data dari hasil postes dan pretes pada kedua variabel pada penelitian diuji dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 17 for windows 2007 dan diketahui sampel berdidtribusi normal sebab signifikansinya 0,781 > 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar pada kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional sebesar 7,0732 dan nilai rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran penyempurnaan wacana sebesar 7,3659. Berdasarkan uji Independent Sample Test diketahui nilai signifikansinya adalah 0,781 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pemberian perlakuan pembelajaran teks drama dengan media lagu terhadap prestasi belajar siswa.
Dari hasil angket minat belajar siswa pada kelas eksperimen dapat diketahui bahwa pembelajaran membuat teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Taman Pemalang pada tahun pelajaran 2013/2014 menyebutkan sebagian besar siswa (82%) menjawab lebih dapat memahami membuat teks drama dengan media lagu.
01509501278 | SUD k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain