Skripsi
ANALISIS KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN INDUSTRI TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah karakteristik perusahaan, dan industri berpengaruh secara signifikan terhadap return syariah di Bursa Saham Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metodekuantitatif, dengan pengujian regresi berganda dengan melakukan uji asumsiklasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik. Variabel dalampenelitian ini adalah karakteristik perusahaan yang terdiri dari ( EPS, Leverage, Current ratio, Aset size, ROA ), dan Industri yang terdiri dari ( Jenis Industri dan Ukuran Industri ) sebagai variableindependent serta Return saham syariah sebagai variabel dependen. Jumlah populasipenelitian ini sebanyak 15 perusahaan dan dengan menggunakanpurposive sampling diperoleh 60 data sampel yang memenuhi kriteria penelitian dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa Pengujian Karakteritik perusahaan dan industri tidak berpengaruh terhadap return saham secara simultan maupun parsial. Pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah karakteristik perusahaan dan industri secara simultan mempengaruhi return saham syariah. Hasil penelitan menunjukkan nilai F sebesar 4,334 dengan tingkat signifikan sebesar 0,365 berada lebih besar dari α = 0,05. Pengujian hipotesis kedua dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah karakteristik perusahaan secara parsial mempengaruhi return saham syariah. Hasil penelitan menunjukkan nilai F sebesar 3,694 dengan tingkat signifikan sebesar 0,043 berada lebih kecil dari α = 0,05. Pengujian hipotesis ketiga dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah variabel industri secara parsial mempengaruhi return saham syariah. Berdasarkan tabel diatas, nilai F hitung adalah 1,322 dengan nilai probabilitas sebesar 0,303, yang lebih besar dari α= 0,05.
Kata kunci : Karakteristik Perusahaan, Industri dan Return Saham Syariah
04309500735 | BUR a | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain