Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PD. BPR BKK KABUPATEN TEGAL CABANG BOJONG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PD. BPR BKK Kabupaten Tegal Cabang Bojong. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah pada PD. BPR BKK Kabupaten Tegal sebanyak 4.674 nasabah. Sedangkan sample sejumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi rank sperman diperoleh rs sebesar = 0,697 dan dikonsultasikan dengan r tabel sebesar 0,195, maka diketahui bahwa rs > r tabel. Dengan demikian ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PD. BPR BKK Kabupaten Tegal Cabang Bojong. Besarnya sumbangan variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah diketahui KD = rs2 x 100%, yaitu (0,697)2 x 100% = 48,58%. Adapun sisanya sebesar 51,42% dipengaruhi oleh faktor lain. Perhitungan uji t diperoleh nilai sig. 0,000. Maka 0,000 < 0,005 dan nilai thitung menunjukkan lebih besar daripada ttabel yaitu 11,301 > 1,98 yang berarti Ha diterima berbunyi “Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PD. BPR BKK Kabupaten Cabang Tegal Bojong”.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
04109502971 | BUD p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain