Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Bantarbolang Tahun Ajaran 2012/2013)
Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Media Power Point, Prestasi Belajar Matematika
Latar belakang penelitian ini adalah banyak faktor yang menjadi kendala keberhasilan dalam pembelajaran matematika yang salah satunya adalah strategi yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara model pembelajaran STAD berbantuan media power point dengan model pembelajaran STAD tanpa bantuan media power point terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Bantarbolang tahun ajaran 2012/2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantarbolang dengan jumlah populasi180 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII E sebagai kelas eksperimen, kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varian (Anova) sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan media power point lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran STAD tanpa bantuan media Power Point terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Bantarbolang tahun ajaran 2012/2013.
Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran STAD berbantuan media power point efektif terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Bantarbolang Tahun Ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan bangun ruang. Saran dalam peneliatian ini adalah bagi guru disarankan agar menerapkan pembelelajaran model STAD berbantuan media power point sebagai alternatif pembelajaran matematika dikelas karena peserta didik dapat belajar secara maksimal dan memberikan kesenangan bagi peserta didik dengan memanfaatkan media power point. Peserta didik juga akan lebih aktif dan termotivasi untuk belajar matematik dan bagi peneliti lain perlu diadakan penelitian lanjutan untuk mengetahui bagaimana hasil yang akan diperoleh apabila digunakan metode ataupun model pembelajaran diskusi yang lain.
01709501151 | TRI k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain