Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH AND INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII semester Genap SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2012 / 2013
Kata Kunci : Keefektifan, Make A Match And Index Card Match, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi pokok Himpunan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match And Index Card Match dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (2) Untuk mengetahui model pembelajaran Make A Match And Index Card Match lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok Himpunan siswa kelas VII semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun pelajaran 2012/2013.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013, sebanyak 256 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A terdiri 32 siswa sebagai kelompok eksperimen, kelas VII C terdiri 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B terdiri 32 siswa sebagai kelompok uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda yang terlebih dahulu diuji cobakan pada kelas uji coba. Hasil uji coba diuji validiats, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Teknik analisis data menggunakan Anava One Way. Dengan terlebih dahulu data diuji prasyarat menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi pokok Himpunan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match And Index Card Match dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan (2) Model pembelajaran Make A Match And Index Card Match lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Himpunan siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013.
01709501287 | UYU k | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain