Skripsi
“ SISTEM KEMUDI PADA BECAK MOTOR ( BENTOR ) MATIC “
Tujuan penulisan laporan sistem kemudi bencak motor ( Bentor ) matik adalah Untuk mengetahui rancangan modifikasi pada system kemudi bentor matic , Mengetahui fungsi kemudi pada bentor matic , Mengetahui momen torsi kemudi pada bentor matic
Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini yaitu menggunakan metode Metode Observasi , Metode Pengumpulan Data , Metode Konsultasi , Eksperimen/ percobaan.Proses Modifikasi system kemudi Bentor Matic dengan menggunakan stir mobil mitshubishi terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu proses desain , pengukuran bahan , pemotongan bahan , pengelasan , penggerindaan , pengecetan , perakitan , selanjutnya diteruskan ke proses finishing . System kemudi pada bentor berfungsi untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan. perancang memodifikasi sistem kemudi pada bentor dengan tipe rack pinion , kemudi jenis rack pinion sangat cocok untuk kendaraaan jenis kecil sampai dengan sedang dan bagi pengemudi untuk mengendalikan roda-roda depan berkategori ringan .
Analisa perhitungan momen torsi setir pada bentor matic dengan kondisi beban 56 kg dalam keadaan masih berat, sedangkan kekuatan tangan manusia mampu dengan ringan mengangkat beban ± 5 kg berdasarkan NIOSH ( National institute for occupational safety and health ) . maka stir dengan beban 56 kg perlu direduksi sampai ke 5 kg, jadi mR = 56 kg / 5 kg = 11,2 kali atau dibulatkan menjadi 12 kali (dibutuhkan untuk memutar roda 1o setir harus berputar 120) dalam hal ini saya memakai jenis stir mobil mitsubushi , dimana steering wheel dapat berputar hingga satu setengah putaran atau 5400 roda berbelok 300 , maka didapat reduksi 540 / 30 = 18 kali , dengan melihat kondisi stir mitsubishi yang mencapai 18 kali , maka dengan demikian setir pada bentor dinyatakan dalam kondisi ringan .
Kata kunci : Kemudi , Rack Pinion , Momen Torsi .
06210300020 | SAN s | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain