Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS X TKR 1 DI SMAK MA’ARIF NU TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa
Tujuan skripsi ini demi meningkatkan prestasi belajar siswa dengan model Problem Based Learning untuk mata pelajaran PKn SMK Ma’arif NU Tonjong.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroomaction research). Penelitian ini dilaksanakan dengan dibantu antara peneliti sebagai guru mata pelajaran dan dibantu supervisor yang bertugas mencatat berbagai kejadian selama pelaksanaan penelitian dilakukan serta partisipasi siswa kelas X TKR 1.
Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dengan (a) observasi, (b) angket sederhana, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Sebagai standar prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan penafsiran, dan (d) analisis serta refleksi.
Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan model Problem Based Learning mampu meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa. Dengan perolehan data di periode untuk siklus I diperoleh peningkatan signifikan. Pada siklus I sebelum dilaksanakannya penelitian, rerata nilai siswa 68,87 menjadi 72,8 dengan standar ketuntasan belajar minimal yaitu 65. Dengan kata lain penerapan model Problem Based Learning mengalami nilai signifikan sebesar 4,18 (nilai sebelum siklus 68,87 dan nilai siklus I 72,8 untuk jumlah siswa 33 dari 40). Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal sebanyak 38 siswa atau 95,24%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 82,90, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 9,67 (nilai siklus I 72,8 dan nilai siklus II 82,90). Bila dibandingkan dengan sebelum penerapan model Problem Based Learning, nilai rata-rata siswa pada siklus II ini mengalami kenaikan angka sebesar 13,85. Dengan hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning memberikan signifikansi untuk prestasi belajar PKn siswa.
Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar, motivasi belajar dan partisipasi siswa, hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn sebesar 3,31% (minat siswa pada siklus I sebesar 82,76% dan minat siswa pada siklus II sebesar 86,07%), peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 82,76% dan minat minat siswa pada siklus II sebesar 86,07%, peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 10,36% (motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 80,89% dan motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 91,25%), peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran sebesar 13,33% (partisipasi siswa pada silkus I sebesar 76,19% dan partisipasi siswa pada siklus II sebesar 89,52%).
01211510019 | AMI u | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain