Skripsi
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI SMA MA’ARIF NU JATINEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Ma’arif NU Jatinegara tahun pelajara 2012/2013. Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Ma’arif NU Jatinegara Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Ma’arif NU Jatinegara Tahun Pelajaran 2012/2013.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Ma’arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari XI.A dan XI.B berjumlah 49 siswa, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 49 siswa kelas XI dijadikan sebagai subyek penelitian. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah kemandirian belajar sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan uji signifikan menggunakan statistik uji-t.
Hasil penelitian angket kemandirian belajar siswa diperoleh skor total sebesar 2799 dan rata-rata sebesar 57,12, sedangkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa tergolong dalam kategori cuku baik yaitu nilai rata-rata siswa 73,47, nilai rata-rata prestasi belajar berada pada interval kriteria 57-76. Kemudian dianalisis dengan analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 54,665 + 0,329X, dengan koefisien korelasi diperoleh rxy = 0,383. Hasil perhitungan uji signifikansi diperoleh harga thitung = 2,843 dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% uji dua pihak dan dk = n - 2 = 49 - 2 = 47 diperoleh ttabel = 2,012. Jadi thitung > ttabel atau 2,843 > 2,012 maka hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima artinya ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Ma’arif NU Jatinegara tahun pelajaran 2012/2013.
01309500644 | ASI p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain