Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VIII A MTs MIMBARUL HUDA BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Kata Kunci : Hasil belajar IPS, melalui Penerapan Metode Problem Solving
Masalah Penelitian ini adalah : Apakah Metode Problem Solving pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Mimbarul Huda Bumiayu ? Penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui tiga Siklus, yaitu siklus I, II, dan Siklus III. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VIII A MTs Mimbarul Huda Bumiayu dengan jumlah 30 Siswa, terdiri atas 17 siswa laki – laki dan 13 siswa perempuan.
Hasil Analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode problem solving yaitu perolehan nilai rata –rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siuklus I nilai rata – rata yang diperoleh sebesar 6,57, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 7,57, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu memperoleh nilai rata – rata 8,33. Selain nilai rata – rata, aktifitas siswa juga mengalami peningkatan diantaranya aspek mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67 %, siklus II sebesar 10% dan Siklus III sebesar 25%. Aspek menanggapi respon siswa pada siklus I sebesar 26,67%, siklus II sebesar 13,34% dan siklus III sebesar 18,34%. Aspek menjawab pertanyaan siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 66,67% dan siklus III sebesar 78,33%. Aspek memperhatikan penjelasan guru pada siklus I sebesar 71,67%, siklus II sebesar 85%, dan siklus III sebesar 90%. Aspek diskusi kelompok pada siklus I sebesar 66,67%, siklus II sebesar 86,67% dan siklus III sebesar 96,67%. Aspek diskusi kelas pada siklus I sebesar 81,67%, siklus II sebesar 86,67%, dan pada siklus III sebesar 100%.
01311510018 | JAM p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain