Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN KONSELING PERSON CENTERED TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI PADA PESERTADIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Kata Kunci : Pendekatan Konseling Person Centered dan Konsep diri
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana Pendekatan Konseling Person Centeredpada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Tegal?(2) Bagaimana Peningkatan Konsep Diri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Tegal? (3) Apakah ada Pengaruh Pendekatan Konseling Person Centered Terhadap Peningkatan Konsep Diri Pada Peserta Didik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pendekatan Konseling Person Centeredpada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Tegal?(2) untuk mengetahui peningkatan konsep diri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Tegal? (3) Untuk mengetahui apakah ada tidaknya Pengaruh yang signifikan pendekatan konseling person centered terhadap peningkatan konsep diri pada peserta didik.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XISMA Negeri 5Kota Tegal Tahun 2013/2014yang berjumlah 269 peserta didik, dengan sampel 40 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan adalah teknik cluster quatarandom sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah Pendekatan konseling person centered (variabel bebas) dan konsep diri(variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pedoman pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, deskripsi prosentase dan determinasi. sedangkan uji reliabilitas menggunakan spearman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment, sedangkan perhitungan Ujicoba seluruh item valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,921. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 40 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.921>0.312. dengan analisa data tersebut, ini berarti hipotesis nihil (HO) yang berbunyi “ Tidak ada pengaruh yang signifikan Pengaruh Pendekatan Konseling Person Centered terhadap Peningkatan Konsep Diri Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 “. Dinyatakan ditolak
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan pendekatan konseling person centered terhadap peningkatan konsep diri. Saran bagi sekolah bahwa pendekatan konseling person centereddengan konsep diri dalam kategori cukup, maka pelaksanaannya perlu ditingkatkan menjadi kategori tinggi konstribusinya adalah 35% sedangkan 65% dipengaruhi factor lain.
01110500009 | AGU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain