Skripsi
EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Perilaku Membolos Peserta Didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kenakalan peserta didik yang merupakan suatu bentuk perilaku yang menyimpang dari aturan sekolah khususnya perilaku membolos, sehingga peserta didik dituntut untuk merubah perilaku untuk tidak membolos melalui layanan konseling kelompok. Dengan melalui layanan konseling kelompok masing-masing anggota saling memberi informasi, saran dan tanggapan yang dapat dimanfaatkan sebagai pemecahan masalah perilaku membolos peserta didik.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan layanan konseling kelompok dalam meminimalisir perilaku membolos pada peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya keefektifan layanan konseling kelompok dalam meminimalisir perilaku membolos peserta didik dengan prosentase sebesar 30%di kelas XI SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang.
Populasi sekaligus sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari 11 kelas yang memiliki karakteristik sering membolos diambil dari tiap-tiap kelas diperoleh sebanyak 14 peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik statistik analisis deskriptif prosentase dan analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dalam meminimalisir perilaku membolos peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014 karena sesuai hasil analisis data diperoleh harga thitung= 2,687 dikonsultasikan dengan harga ttabel = 2,145 pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah n = 14, jadi t_(hitung )>t_tabel atau 2,687 > 2,145.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini supaya guru Bimbingan dan Konseling dapat mengembangkan konseling kelompok karena membawa pengaruh yang positif dapat meminimalisir perilaku membolos dan mampu mengarahkan peserta didik pada perilaku yang lebih baik.
01110500005 | ADI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain