Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci :Layanan Bimbingan Kelompok, Peningkatan Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 dan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 315 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dari populasi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah non eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Angket di ujicoba (Try Out) dengan uji Validitas dan Reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan stastistik Deskriptif Preserntase, Korelasi Product Moment dan Analisis Regresi Sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hal ini di buktikan berdasarkan hasil analisis statistik kolerasi diperoleh rxy sebesar 0,604 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 32 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,349 maka rxy>rtabel atau 0,604 > 0,349 maka hipotesis nihil (Ho) dinyatakan ditolak dan hopotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima. yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan Pelaksanaan Layanan Bimbingan kelompok terhadap Peningkatan Motivasi Belajar pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014”. Besarnya pengaruh bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah 25,12% dengan persamaan regresi Y = 23,46 + 0,66 X, artinya setiap kenaikan variabel X (bimbingan kelompok) akan menaikan juga variabel Y (motivasi belajar peserta didik) sebesar 23,46 + 0,66 X.
Berdasarkan penelitian maka disarankan kepada sekolah untuk selalu memasukkan layanan bimbingan kelompok pada progam BK sekolah, dan untuk pihak guru pembimbing agar meningkatkan lagi layanan bimbingan kelompok dengan lebih sering mengadakan layanan bimbingan kelompok, kemudian bagi peserta didik diharapkan peserta didik meningkatkan motivasi untuk belajar dengan lebih sering lagi mengikuti layanan bimbingan kelompok yang diadakan di sekolah.
01110500008 | AGU p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain