Skripsi
PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK FARMASI PERMATA MEDIKA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci: Pengembangan Model Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar dengan Metode Diskusi dan Disiplin Belajar.
Latar belakang pada penelitian ini adalah disiplin belajar yang masih rendah dikarenakan peserta didik merasa jenuh dengan metode belajar yang sebelumnya diterapkan, sehingga dengan metode diskusi diharapkan dapat mengurangi tingkat kejenuhan yang dialami peserta didik agar disiplin belajarnya meningkat. Masalah yang muncul bagaimana tingkat disiplin peserta didik antara sebelum dan sesudah diberikannya model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi.
Tujuan, untuk mengetahui penerapan pengembangan model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi sebelum dan sesudah diberikan layanan guna menigkatkan disiplin belajar peserta didik.
Sebagai populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMK Farmasi Permata Medika Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 20 peserta didik, dengan jumlah sampel 10 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini yaitu layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi sebagai variabel bebas dan disiplin belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Guna menjawab hipotesis, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan menggunakan Uji-t.
Dari hasil penelitian menunjukkan disiplin belajar peserta didik sebelum mendapat layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi dalam kategori rendah, terbukti dari 10 responden paling banyak mendapat skor antara 67-69 yaitu 4 responden (40%) pada angket pre-test. Disiplin belajar peserta didik sesudah mendapatkan layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi dalam kategori tinggi, terbukti dari 10 responden paling banyak mendapat skor antara 65-67 yaitu 5 responden (50%) pada angket post-test. Dan penerapan model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi dalam kategori tinggi, terbukti dari 10 responden paling banyak mendapat skor antara 75-78 yaitu 6 responden (60%) pada angket model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja penerapan pengembangan model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi diterima.
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan model layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi dapat meninngkatkan disiplin belajar peserta didik kelas XI SMK Farmasi Permata Medika Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Saran dari penulis kepada peserta didik yang tingkat disiplin belajarnya masih rendah perlu ditingkatkan lagi melalui layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan metode diskusi.
01110500049 | DYT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain