Skripsi
HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI HASIL BELAJAR KELAS VIII PADA SEMESTER GASAL SMP N 1 LEMAHABANG CIREBON TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : Cara Belajar di Rumah, Prestasi Hasil Belajar
Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui cara belajar di rumah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang CirebonPada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui prestasi hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara cara belajar di rumah dengan prestasi hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 306 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 13 % dari setiap kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Speaman Brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Deskripsi Statistik Presentase dan analisis Korelasi Product Moment.
Dalam try out 20 dapat dinyatakan valid dengan rtabel 0,444. Variabel x dinyatakan reliabel dengan hasil 0,891. Hasil dapat disimpulkan bahwa cara belajar di rumah pada sampel penelitian dihasilkan prosentase 27,5 %, sehingga masuk dalam ketegori baik. Sedangkan prestasi hasil belajar pada sampel penelitian dihasilkan prosentase 32,5 % sehingga masuk kategoricukup. Dengan analisis data menggunakan rumus analisisKorelasiProduct Momentterdapathubungan positif dan signifikan antara cara belajar di rumah dengan prestasi hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang CirebonPada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu diperoleh angka sebesar rhitung(0,687) > rtabel (0,312) (TS 5%).
Kontribusi atau besarnya sumbangan yang diberikan hubungan antara cara belajar di rumah (X) dengan prestasi hasil belajar (Y) kelas VIII sebesar rxy2 X 100%, maka 0,6872 X 100% = 47,2%. Sedangkan faktor – faktor lain yang tidak diteliti = 100% - 47,2% = 52,8%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk tetap belajar agar tetap bisa mempertahankan prestasi hasil belajarnya disekolah, bahkan bila perlu meningkatkan prestasi hasil belajarnya.
01110500207 | TET h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain