Skripsi
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KELAS XI SMK FARMASI PERMATA MEDIKA TALANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata kunci : Bimbingan belajar dan Motivasi belajar
Pendidikan yang seharusnya mendapatkan prestasi dengan baik justru membuat masalah dalam belajar. Seharusnya peserta didik memberi teladan dan mengembangkan kreativitas dalam belajar.
Permasalahan dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana Bimbingan belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas XI SMK Farmasi Permata Medika kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014? 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas XI SMK Farmasi Permata Medika kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014? 3) Bagaimana pengaruh Bimbingan belajar peserta didik terhadap Motivasi belajar kelas XI SMK Farmasi Permata Medika kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014?
Sumber data dari penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMK Farmasi Permata Medika kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 20 peserta didik. Metode penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitianya menggunakan korelasional dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dokumentasi dan wawancara .Uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman Brown. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Product moment.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa r hitung sebesar 0,692 dan r tabel sebesar 0,444. Berdasarkan uji statistik tersebut rhitung > r tabel, sehingga dalam penelitian ini dinyatakan Ha diterima yang menyatakan adanya hubungan yang sidnifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematiak.
Dapat disimpulkan bahwa 1) Prestasi Belajar sangat berpengaruh terhadap tingkat prestasi belajar pada peserta didik. 2) Motivasi Belajar peserta didik akan meningkat jika tingkat kesulitan belajar menurun, karena kesulitan belajar remaja tidak memikirkan masalah prestasi belajar yang ditempuh di sekolah. 3) Adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Penulis menyarankan agar guru BK lebih meningkatkan bimbingan belajar.
01110500165 | YUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain