Skripsi
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATERI POKOK SUKU BANYAK (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Efektifitas Model Pembelajaran PBL, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Awal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model konvensional yang mempunyai kemampuan awal tinggi, (3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL tidak lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model konvensional yang mempunyai kemampuan awal rendah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Bodeh Tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah160 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih tiga kelas. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji-t dua pihak yang dilanjutkan dengan uji-t pihak kanan, yang sebelumnya telah diuji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Lilifors dan Bartlet.
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional. (2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model konvensional yang mempunyai kemampuan awal tinggi. (3) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL tidak lebih baik dari siswa yang diajar menggunakan model konvensional yang mempunyai kemampuan awal rendah.
01710500013 | ANI e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain