Skripsi
PENGARUH PROGRAM REMIDIAL ULANGAN HARIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Swasta se-Kecamatan Tegal Timur Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Program Remidial, Ulangan Harian, Prestasi Belajar Matematika
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh program remidial ulangan harian terhadap prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh program remidial ulangan harian terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Tegal Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 310 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Ihsaniyah Kota Tegal sebanyak 32 peserta didik dan kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal yang berjumlah 30 peserta didik. Sehingga jumlah sampel penelitian adalah 62 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis ANAVA menggunakan SPSS Versi 13.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS Versi 13 diperoleh rata-rata nilai ulangan harian sebelum remidial diperoleh 64,27 sedangkan hasil ulangan harian setelah pelaksanaan remidial meningkat menjadi 76,69.Sedangkan analisis varians (ANAVA) pada uji F sebesar 28,377 dan P-value (sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05. Maka hipotesa nol ditolak, itu artinya ada pengaruh yang signifikan antara program remidial ulangan harian terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara program remidial ulangan harian terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VII SMP Swasta Se-Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian guru mata pelajaran matematika sebaiknya selalu melakukan refleksi pembelajaran setelah proses pembelajaran selesai, sehingga mudah mengidentifikasi keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
01708501404 | ROS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain