Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK MATERI STATISTIKA TERHADAPPRESTASI BELAJAR DITINJAU DARIFASILITAS BELAJAR DI RUMAH (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIISemester IISMPNegeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2013 / 2014)
Kata Kunci : model discovery learning, fasilitas belajar di rumah,
prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model discovery learning efektif terhadap prestasi belajar ditinjau dari fasilitas belajar peserta didik di rumah.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Tegal kelas VII semester II tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 238 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak (Random Sampling).Data diperoleh dengan cara dokumentasi, observasi, angket dan tes. Uji prasyarat meliputi : (1) Sampel meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesetaraan sampel, (2) Instrumen angket dan tes meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji Anava Dua Arah.
Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara yang diajar dengan menggunakan model discovery learning dan model konvensional, (2) diketahui bahwa Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik yang memiliki fasilitas belajar di rumah yang lengkap, dan (3) diketahui pula prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model discovery learning lebih rendah dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik yang memiliki fasilitas belajar di rumah yang tidak lengkap.
01710500106 | SRI k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain