Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIS TEAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 01 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Model Pembelajaran Aktif Tipe Quis Team, Prestasi Belajar Matematika.
Kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran seperti pembelajaran Konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran menyebabkan prestasi beberapa siswa khususnya di SMP N 01 Dukuhturi masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan : 1) adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation,dengan yang menggunakan model pembelajaran Quis Team dan yang menggunakan pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 2) adanya model pembelajaran yang paling efektif pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Quis Team dan yang diajar menggunakan pembelajaran Konvensional di SMP Negeri 01 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 .
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 316 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII semester genap yang berjumlah 104 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation,model pembelajaran Quis Team dan pembelajaran Konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Dukuhturi. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pillihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava satu jalur, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Adanya perbedaan pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan yang menggunakan model pembelajaran Quis Team dan pembelajaran Konvensional, 2) Adanya model pembelajaran yang paling efektif pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation, model pembelajaran Quis Team dan pembelajaran Konvensional.
01710500077 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain