Skripsi
EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Model problem based learning, model pembelajaran berbasis proyek, keaktifan, prestasi belajar matematika
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific dan yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific; 2) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific; 3) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan rendah diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific tidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific.
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 255 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Terpilih kelas VII D, VII E kelas eksperimen 1, kelas VII F, VII H kelas eksperimen 2 dan kelas VII B kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas.Analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalur dan uji benferoni dengan taraf signifikansi 5%, sebelumnya data diuji dengan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific dan yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific; 2) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan tinggi diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific; 3) prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai keaktifan rendah diajar menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific tidak lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan scientific.
01710500050 | ISN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain