Skripsi
STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY ANTARA METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DAN METODE PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)
Kata Kunci : Studi Komparatif, Model Inquiry, Metode Diskusi, Metode Alat Peraga, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian tentang ”Studi Komparatif Model Pembelajaran Inquiry antara Metode Diskusi dan Metode Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Ihsaniyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014)” bertujuan untuk : (1) menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika pokok bahasan geometri antara yang diajar menggunakan metode diskusi dan yang diajar menggunakan alat peraga dan (2) mengetahui metode pembelajaran manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan geometri antara yang diajar menggunakan metode diskusi dan yang diajar menggunakan alat peraga.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Ihsaniyah Tegal yang terdiri atas 3 kelas dan jumlahnya 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling terpilih kelas X.1 sebagai kelas eksperimen I dan X.3 sebagai kelas eksperimen II.
Hasil penelitian pada siswa SMA Ihsaniyah Tegal kelas X semester II tahun pelajaran 2013/2014 disimpulkan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran diskusi dan metode pembelajaran menggunakan alat peraga dan (2) pembelajaran menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan geometri.
01710500075 | YAT s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain