Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN BOCAHPETUALANG DAN KEBIASAAN PESERTA DIDIK MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Kata Kunci: kebiasaan menyimak tayangan bocah petualang, kebiasaan peserta didik menulis pengalaman pribadi di media sosial facebook, kemampuan menulis karangan narasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang lebih kuat antara kebiasaan menyimak tayangan Bocah Petualang dan kebiasaan peserta didik menulis pengalaman pribadi di media sosial Facebook terhadap kemampuan menulis karangan narasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data kemampuan menullis karangan narasi yang dilihat dari faktor kebiasaan menyimak tayangan Bocah Petualang dan kebiasaan peserta didik menulis pengalaman pribadi di media sosial Facebook pada peserta didik kelas VII SMP. Sampel diambil dari populasi yang berdistribusi normal. Jadi, sampel penelitian berjumlah 40 responden yang diambil dari dua sekolah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lebih kuat antara kebiasaan menyimak tayangan Bocah Petualang terhadap kemampuan menulis karangan narasi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 25,2%. Kemudian diketahui ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan peserta didik menulis pengalaman pribadi di media sosial Facebook terhadap kemampuan menulis karangan narasi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 12%. Selain itu, diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan Bocah Petualang dan kebiasaan peserta didik menulis pengalaman pribadi di media sosial Facebook terhadap kemampuan menulis karangan narasi dengan tingkat pengaruh yang diberikan sebesar 11,4%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan menyimak tayangan Bocah Petualang, pihak guru disarankan untuk lebih memperbanyak latihan dalam menulis karangan narasi melalui tayangan televisi. Pihak orang tua disarankan untuk memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada anak saat menyimak tayangan televisi dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi.
01510500036 | MUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain