Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK PUSPONEGORO JATIBARANG
Kata Kunci : metode penugasan, pembelajaran menulis paragraf eksposisi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis paragraf eksposisi kelas X SMK Pusponegoro Jatibarang Kabupaten Brebes dengan menerapkan metode penugasan, mendeskripsikan pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan metode penugasan pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Jatibarang, mendeskripsikan metode penugasan efektif dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi pada siswa Kelas X SMK Pusponegoro Jatibrang.
Berdasarkan landasan teori, hipotesis dari penelitian sebagai berikut : “Metode penugasan efektif dalam pembelajaran menulis paragraph eksposisi pada siswa kelas X SMK Pusponegoro Jatibarang”
Populasi dari penelitian adalah siswakelas X SMK Pusponegoro jatibarang, dengan jumlah populasi sebanyak 80 siswa dari sejumlah 4 kelas. Penulis menggunakan teknik simple random sampling untuk mengambilsampel penelitian. Jumlah sampel adalah 60 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control, setiap kelompok terdiri dari dari 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode penugasan dan kelompok control adalah kelompok siswa yang diajar dengan metode ceramah (sebagai pembanding tes)
Penulis menggunakan tes obyektif sebagai intrumen sebagai instrument penelitian. Tes berbentuk tes tertulis yaitu dengan siswa diberikan tugas membuat paragraph eksposisi dengan waktu 90 menit untuk mengerjakan.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis menulis paragraph eksposisi yang dikerjakan oleh sampel penelitian. Analisa data penelitian dikorelasikan dalam rumus uji-t. Berdasarkan hasil anlisa data, diperoleh t-hitung adalah 2,258 sedangkan t-tabel dengan derajat kebebasan (58) pada taraf signifikan 5% adalah 2,021 maka dapat ditulis t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2,258 > 2,021).
Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang diajar dengan metode penugasan dengan siswa yang tidak diajar dengan metode penugasan (dengan metode ceramah)
Penulis menyimpulkan bahwa “Metode penugasan efektif dalam pembelajaran menulis paragraph eksposisi pada kelas X SMK Pusponegoro Jatibarang”.
01510500180 | VIK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain