Skripsi
PENERAPAN MEDIA KARTU PERMASALAHAN (CARD PROBLEM) DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI SISWA KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kata Kunci : media kartu permasalahan (card problem), pembelajaran diskusi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan diskusi siswa setelah menggunakan media kartu permasalahan (card problem), (2) mengetahui keefektifan media kartu permasalahan (card problem) dalam pembelajaran diskusi, (3) mengetahui perbedaan kemampuan diskusi siswa yang menggunakan media kartu permasalahan (card problem) dengan yang tidak menggunakan media kartu permasalahan (card problem).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 160 siswa. Kemudian diambil sampel secara cluster random sampling sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sebanyak 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok 2 sebanyak 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji t independen.
Hasil penelitian ini adalah (1) siswa mampu berinteraksi dengan teman pada saat berbicara, (2) pembelajaran diksusi dengan menggunakan media kartu permasalahan (card problem) sangat efektif, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan diskusi siswa yang mendapat pembelajaran diskusi dengan menggunakan media kartu permasalahan (card problem) dan yang tidak menggunakan media kartu permasalahan (card problem). Penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian posttest. Analisis dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t independen. Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 2,012 (2,012 > 1,67). Ini menunjukkan bahwa t_hitung lebih besar dari pada t_tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima. Penghitungan juga dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17.0. Pada posttest keterampilan diskusi kelompok kontrol, skor tertinggi 32 dan skor terendah 0. Pada posttest keterampilan diskusi kelompok eksperimen skor tertinggi 37 dan skor terendah 0. Skor rata-rata posttest kelompok kontrol 9,72 dan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen 14,45.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk memanfaatkan media kartu permasalahan (card problem) dan memacu keberanian siswa untuk berbicara khususnya dalam pembelajaran diskusi.
01510500073 | BUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain