Skripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS VIII B MTS DAAR ES SALAAM LUWUNGGEDE KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperioleh siswa kelas VIII B MTs Daar Es Salaam Luwunggede Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes. Dari jumlah siswa 38 orang yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara dengan pembelajaran model Cooperatif Leraning, hanya 16 orang yang dapat dinyatakan lulus (42,11 %) dan sisanya sekitar 22 orang dinyatakan belum lulus (57,89%).
Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan belum tuntas. Ketidaktuntasan tersebut terlihat dari bukti prosentase kelulusan seluruh siswa hanya mencapai 42,11%. Prosentase tersebut jauh dari prosentase ideal antara 80% - 100%. Bahkan prosentase kelulusan tersebut ternyata lebih kecil dari pada prosentase ketidaklulusan. Oleh karena itu, untuk kasus tersebut perlu diadakan remedial klasikal. Proses remedial klasikal dalam kasus ini penulis lakukan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas.
Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: “Bagaimana efektivitas penerapan Metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VIII B MTs Daar Es Salaam Luwunggede Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.”
Adapun tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan Metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PKn pada Kelas VIII B MTs Daar Es Salaam Luwunggede Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes; dan (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan Metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PKn pada Kelas VIII B MTs Daar Es Salaam Luwunggede Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus penelitian dapat disimpulkan:
1. Selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi media pembelajaran telah dikelola dengan baik.
2. Kegiatan pembelajaran dengan metode Tanya Jawab dengan variasi media yang dikelola dengan baik ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa
3. Media pembelajaran membuat karangan dan menggambar yang divariasikan dengan Metode Tanya Jawab ternyata cukup efektif untuk menyampaikan materi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN).
Kata Kunci: Penerapan Metode Tanya Jawab dan Efektivitas Metode Tanya
Jawab
01211510020 | YUN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain